Air Terjun Jurang Nganten di Tanjung

By | 16.15 Leave a Comment

Air Terjun Jurang Nganten terdapat di  dukuh Turung, desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara. Air Terjun Jurang Nganten dalam bahasa jawa Jurang berarti Jurang, sedangkan Nganten berarti Pengantin, jadi Air Terjun Jurang Nganten artinya Air Terjun Jurang Pengantin. Air Terjun Jurang Nganten berupa terjunan air yang mengucur pada dinding bukit yang tegak.  Lokasi air terjun jurang nganten cukup sepi dan tenang. Air Terjun ini 20 km dari kota Jepara.

Legendanya dahulu pada zaman wali ada sepasang pengantin yang tidak direstui oleh orang tua mempelai wanita. Namun mereka tetap melangsungkan pernikahan, kemudian sepasang pengantin baru ini pergi mengendarai kereta, tapi kereta ini tidak ditarik oleh kuda melainkan oleh kerbau.

Mereka pergi menyusuri sungai hingga pada akhirnya mereka terjerumus ke jurang. Dan jurang tersebut adalah air terjun yang dimaksud.  Itulah asal muasal kenapa air terjun ini disebut dengan Air Terjun Jurang Nganten, dimana jurang artinya tebing yang terjal dan nganten adalah pengantin.  Dengan demikian Jurang Nganten maksudnya adalah jurang tempat dimana pengantin terjerumus.
Untuk lebih mengetahui jelas tentang air terjun juranganten. anda dapat mengunjunginya disini.

Bagi kalian yang singgah di air terjun ini, please cukup menikmati saja, jangan mengambil sesuatu kecuali gambar, dan jangan tinggalkan apapun dimanapun kalian berkunjung kecuali jejak kaki di tanah. Kamu gak nambah ganteng atau cantik dengan meninggalkan tulisan nama di batuan. Kamu gak akan nambah populer dengan nulis nama kota nama genk mu dan nama pacar kamu. Jadilah penikmat alam yang bijak, bawalah sampah kalian pulang. Tukang corat-coret (vandalism) itu norak ya..! 

0 komentar:

Posting Komentar